10 Film Tentang Kehidupan Setelah Kematian

Apa yang ada di pikiranmu ketika bicara dunia supranatural ? Mungkin sebagian dari kamu sangat tertarik untuk membicarakannya, atau mungkin sebagian dari kamu tak terlalu suka untuk membahasnya. Beda lagi ceritanya jika kita membahas soal kehidupan setelah kematian. Mungkin tentang Surga dan Neraka, tentang orang-orang khusus yang bisa melihat dunia lain, tentang reinkarnasi atau hantu gentayangan yang berkeliaran karena suatu alasan. Berikut ini ada daftar film tentang afterlife dan film yang menggambarkan akhirat dengan cara yang unik.




1. The Lovely Bones (2009)



Pada tahun 1970, ada seorang gadis berusia 14 tahun bernama Susie yang tinggal di Pennsylvania. Dia dibunuh oleh seorang tetangganya dan mayatnya disembunyikan oleh sang pembunuh. Roh Susie mulai berkelana di tempat yang berada antara Bumi dan Surga. Disitu ia bisa melihat keluarganya dan orang-orang yang ada di dekatnya. Mereka berusaha untuk merelakan kepergian Susie dan berusaha menemukan mayat Susie yang hilang. Di film ini juga ada seorang bocah indigo yang bisa melihat Susie saat sedang gentayangan.




2. What Dreams May Come (1998)



Setelah Chris Nielsen meninggal karena kecelakaan mobil, ia dipandu oleh pemandu rohnya yang bernama Albert untuk menuju ke alam baka. Di sana Chris masuk ke dunia baru yang indah dan semua harapan Chris bisa terwujud. Bahkan anak-anaknya ada di sana. Tapi, ketika istrinya, Annie, melakukan bunuh diri dan dikirim ke neraka, Chris mengabaikan peringatan Albert dan pergi ke neraka untuk menyelamatkan istrinya. Setelah tiba di sana, Chris menyadari bahwa menyelamatkan Annie tidak semudah yang ia bayangkan.




3. Wristcutters: A Love Story (2006)



Ini adalah film komedi. Ketika Zia putus dengan pacarnya yang bernama Desiree, ia memutuskan untuk bunuh diri. Kemudian Zia terbangun di sebuah tempat mirip akhirat, tapi disitu berisi orang-orang korban bunuh diri. Ia mulai berkenalan dengan orang-orang yang ada di sana dan mendapat sebuah pekerjaan. Saat Zia mengetahui bahwa Desiree, mantan pacarnya juga ikut bunuh diri, Zia memutuskan untuk mencari Desiree. Apa Zia bisa menemukan Desiree ?




4. If I Stay (2014)



Mia harus menghadapi keputusan tersulit dalam hidupnya, yaitu memilih antara mengejar impiannya atau pergi mengikuti keinginan pacarnya. Tapi semuanya berubah seketika saat terjadi sebuah kecelakaan. Mia terjebak antara hidup dan mati dimana rohnya dapat keluar dari tubuh dan berjalan kemana-mana selama ia koma. Mia mulai berkeliling menemui orang-orang yang ada di sekitarnya untuk memutuskan, apa ia akan pergi meninggalkan semuanya, atau bangun dari koma dan menjalani hidup yang sangat jauh berbeda dari sebelumnya.




5. Heaven Is for Real (2014)



Seorang bocah cilik bernama Colton Burpo mengklaim bahwa dirinya telah mengunjungi Surga saat ia sedang dioperasi di rumah sakit. Ia mulai bercerita ke ayahnya yang merupakan seorang pendeta. Ayahnya terkejut dan tidak percaya, tapi Colton bisa menceritakan berbagai hal yang terjadi sebelum ia lahir yang bahkan tidak pernah diberitahukan kepadanya. Sang ayah ingin menceritakan pengalaman anaknya kepada orang lain, tapi banyak yang menentang. Bahkan pihak gereja pun sempat menentang, begitu juga dengan masyarakat sekitar.




6. The Shack (2017)



Seorang ayah bernama Mack baru saja kehilangan anak gadisnya yang masih kecil. Sang anak telah dibunuh dengan keji dan mayatnya tak pernah ditemukan. Itu membuat Mack bertanya-tanya, jika Tuhan memang ada, kenapa hal sekeji ini bisa terjadi ? Suatu hari, Mack mendapat sebuah undangan misterius untuk datang ke lokasi tempat anaknya dibunuh. Saat itulah Mack bertemu dengan Tuhan di sebuah gubuk sederhana yang berada di pinggir danau. Sebuah tempat yang akan mengubah hidup Mack selama-lamanya.

Buat teman-teman Kristen yang hidupnya gak terlalu relijius, coba tonton film ini. Buat kamu yang relijius, coba tonton film ini. Buat kamu yang sedang berduka, mungkin film ini bisa mengobatinya. Dan buat kamu yang mencoba percaya kepada Tuhan tapi belum bisa, mungkin film ini bisa menjawabnya. Eitss, tapi tunggu dulu. The Shack mungkin berhasil untuk membantu secara psikologis kepada banyak orang yang membaca bukunya atau menonton filmnya, namun mungkin agak sedikit bertentangan dengan doktrin Kekristenan. Untuk lebih lengkapnya coba baca di sini.




7. Flatliners (2017)



Lima mahasiswa kedokteran sangat terobsesi dengan apa yang terjadi setelah kematian. Mereka mulai melakukan percobaan berbahaya yaitu menghentikkan detak jantung mereka selama beberapa saat untuk mengetahui apa yang ada di luar batas kehidupan manusia. Masing-masing dari mereka mulai melihat hal-hal menakjubkan yang ada setelah kematian, dari situ para mahasiswa itu mulai mengetahui dan mempelajari segala sesuatu yang ada di dunia akhirat dan apa yang akan terjadi setelah manusia meninggal.



8. Heaven Can Wait (1978)



Joe Pendleton adalah seorang pemain football yang mengalami kecelakaan dan hampir mati. Namun seorang malaikat yang aneh mencabut rohnya lalu mengirimnya ke Surga. Karena Joe belum siap mati, dia ingin kembali ke dunia, tapi tubuhnya malah sudah dikremasi. Akhirnya Joe terpaksa harus menggunakan tubuh orang lain yaitu seorang milioner yang baru saja dibunuh. Joe bangkit kembali dan membeli tim football miliknya lalu kembali bermain sebagai quarterback. Di saat yang sama, Joe juga sedang jatuh cinta kepada seorang aktivis lingkungan yang tidak suka dengannya.



9. Defending Your Life (1991)



Ini adalah film komedi yang bercerita tentang seorang pria bernama Daniel Miller yang meninggal akibat sebuah kecelakaan mobil dan kini ia pergi ke Kota Penghakiman. Kota tersebut adalah ruang tunggu untuk menuju kehidupan yang selanjutnya. Disitu, Daniel harus membuktikan bahwa dirinya telah berhasil mengendalikan rasa takutnya selama ia hidup. Tapi secara tak terduga Daniel malah jatuh cinta kepada salah satu orang yang ada di kota itu yang bernama Julia. Malam hari adalah waktunya bersenang-senang, tapi kesenangan apa yang bisa didapatkan di kota tersebut ?



10. After Life (1998)



Setelah manusia meninggal, mereka harus menghabiskan waktu satu minggu untuk memilih satu ingatan yang akan dibawa ke kehidupan selanjutnya yang abadi. Mereka harus menyampaikan ingatan mereka kepada para petugas yang akan menampilkan ingatan mereka pada akhir minggu nanti. Ada 22 orang disana pada minggu itu, juga ada 3 petugas dan seorang petugas pemula. Ada seorang remaja bernama Shiori yang dibantu memilih ingatan oleh sang petugas pemula. Namun Shiori ini punya perasaan khusus kepada seorang petugas bernama Mochizuki.



BONUS: Along With the Gods: The Two Worlds (2017)



Berdasarkan kitab suci agama Budha, setelah orang meninggal, mereka akan dihadapkan dengan 7 sidang di Neraka selama 49 hari. Jika bisa melewati semua cobaan itu, maka manusia akan melakukan reinkarnasi.

Sang tokoh utama merupakan seorang pria miskin bernama Kim Ja-hong yang bekerja sebagai pemadam kebakaran. Ia adalah pria baik-baik yang selalu bekerja keras untuk keluarganya. Film ini akan mengikuti perjalanan Kim untuk melewati semua sidang. Dibantu oleh 3 penjaganya, ia harus membuktikan bahwa dirinya tak bersalah. Namun di setiap sidang, Kim selalu mendapat tantangan. Seiring dengan berjalannya sidang, terungkaplah seluruh seluk-beluk kehidupan Kim yang lucu, penuh air mata, keringat, dan mengharukan.



BONUS: Coco (2017)



Dari awal, Miguel terlihat berbeda dari seluruh keluarganya. Meskipun keluarganya melarang Miguel untuk bermain musik, namun ia tetap bermimpi untuk menjadi musisi terkenal seperti idolanya, Ernesto de la Cruz. Miguel sempat merasa frustasi dan bingung untuk membuktikan bakatnya, hingga suatu ketika Miguel terjebak di dalam sebuah dunia yang dipenuhi orang mati namun menakjubkan dan penuh warna. Miguel harus segera keluar dari dunia itu sebelum matahari terbit supaya tidak terjebak di sana selamanya.

Sepanjang jalan, ia bertemu dengan seorang pria bernama Hector, dan bersama-sama, mereka memulai perjalanan yang luar biasa untuk membuka kisah sebenarnya di balik sejarah keluarga Miguel.




Baca juga rekomendasi film berikut ini :

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It !

0 komentar:

Post a Comment