9 Film Tentang Gladiator & Romawi Kuno

"Banyak jalan menuju Roma" mungkin itu adalah ungkapan yang sering kita dengar. Tapi kenapa kita harus pergi ke Roma ? Apa yang menarik tentang Roma ? Yang pasti bukan tentang Roma Irama atau Ridho Roma, tapi disini kita sedang membahas tentang film yang bertemakan Roma kuno. Ternyata ada cukup banyak deretan film yang bercerita tentang kota Roma pada jaman dahulu. Berikut ini adalah daftar film tentang Roma yang bercerita tentang legenda, mitos, sejarah, dan petualangan yang menakjubkan.



1. Gladiator (2000)



Maximus adalah jenderal Romawi yang sangat kuat dan dicintai oleh rakyatnya. Karena kesetiaan dan kebaikan Maximus, Kaisar Romawi sangat percaya kepada Maximus dan mewariskan takhtanya kepada Maximus sebelum ia meninggal. Ini membuat anak dari sang Kaisar yang bernama Commodus menjadi cemburu dan membantai seluruh keluarga Maximus. Meskipun dirinya sangat kuat dan tak terkalahkan, tapi Maximus tidak bisa menyelamatkan keluarganya sendiri.

Akhirnya Maximus ditangkap dan dimasukkan ke dalam pertandingan Gladiator dan harus bertarung sampai mati. Ia bertekad untuk berjuang dan mengalahkan seluruh lawannya sampai menjadi yang terhebat dan mencapai puncak panggung gladiator demi membalaskan dendam keluarganya dan menggulingkan seluruh kerajaan Roma.




2. Spartacus: War of the Damned (TV Series: 2010–)



Bercerita tentang Gladiator Thracian Spartacus, yang memimpin pemberontakan budak melawan Republik Romawi. Spartacus dijatuhi hukuman mati sebagai Gladiator, sementara istrinya Sura diperbudak seumur hidupnya. Spartacus, bagaimanapun, terbukti sebagai gladiator yang hebat, dan mengalahkan keempat gladiator yang bertugas mengeksekusinya. Dia menjadi gladiator favorit warga Roma, yang membuat Senator Albinius mengubah hukuman mati Spartacus menjadi budak seumur hidup.

Spartacus dibeli oleh Batiatus untuk pelatihan gladiator. Ia berjanji untuk membantu Spartacus menemukan istrinya yang bernama Sura, jika dia membuktikan dirinya sebagai gladiator yang hebat dalam pelatihan. Banyak adegan dewasa.




3. Rome (TV Series: 2005–)



Dalam film drama sejarah Inggris ini, bercerita tentang perjalanan republik Romawi menuju ke kerajaan otokratis, yang mengubah sejarah dunia melalui perang saudara dan perang penaklukan. Filmnya akan digambarkan dari sudut pandang seorang aristokrat bernama Julius Caesar dan keluarganya, serta penerusnya yang diadopsi Octavian Augustus, dan sekutu politik serta musuh. Ada juga sudut pandang naif dari politik beberapa orang Romawi biasa, terutama tentara Lucius Vorenus dan Titus Pullo dan keluarga mereka. Yang pasti banyak adegan dewasa karena ini adalah TV Series.




4. Spartacus: Gods of the Arena (TV Series: 2011)



Sebelum kisah legenda Spartacus dimulai, dan sebelum Spartacus mengalahkan lawannya yang pertama di arena, ada banyak gladiator yang datang melewati gerbang arena. TV Series 'Spartacus: Gods of the Arena' menceritakan tentang Juara asli dari Batiatus yang bernama Gannicus. Masa itu adalah masa-masa paling sulit dan kejam sebelum kedatangan Spartacus. Tapi disitulah kehormatan dijunjung tinggi dan diperjuangkan sebagai sesuatu yang sangat berharga melebihi segala-galanya. Ada adegan dewasa.




5. Centurion (2010)



Sebuah kelompok prajurit dan tentara Romawi memperjuangkan hidup mereka di belakang garis musuh setelah legiun mereka hancur dalam sebuah serangan gerilya. Di Inggris, tahun 117 Masehi. Hanya Quintus Dias, satu-satunya yang selamat dari serangan Pictish di sebuah benteng perbatasan Romawi. Ia bergerak ke utara dengan Legiun Kesembilan yang legendaris milik Jendral Virilus, dan diberi perintah untuk menyerang Picts dan memusnahkannya dari muka bumi serta menghancurkan pemimpin mereka, yang bernama Gorlacon.




6. The Eagle (2011)



Pada tahun 140 Masehi, dua puluh tahun setelah hilangnya seluruh Legiun Kesembilan yang legendaris di pegunungan Skotlandia, seorang perwira muda bernama Marcus Aquila (Channing Tatum) tiba dari Roma untuk memecahkan misteri tersebut dan mengembalikan reputasi ayahnya, yaitu sang Komandan Kesembilan. Ia hanya ditemani oleh seorang budak yang bernama Esca (Jamie Bell), Marcus berpetualang mengelilingi Tembok Hadrian ke dataran tinggi yang belum dipetakan di Caledonia.

Di sana ia harus menghadapi berbagai suku-suku biadab, berdamai dengan masa lalunya, dan menemukan lencana emas legiun yang hilang, yaitu Elang Kesembilan.




7. The Last Legion (2007)



Saat kekaisaran Romawi runtuh, Romulus Augustus yang masih muda melarikan diri dari kota dan memulai perjalanan berbahaya ke Inggris untuk melacak legiun pendukung.




8. Ben-Hur (2016)



Di jaman dimana Yesus masih ada di dunia, ada seorang pangeran yang hidup bahagia bernama Judah Ben-Hur. Tapi kebahagiaannya harus sirna saat ia difitnah dan dikirim menjadi budak selama lima tahun. Setelah mengarungi lautan dan menghadapi berbagai rintangan, Judah Ben-Hur akhirnya bisa bebas dan kembali ke Yerusalem. Ia memutuskan untuk melakukan balas dendam melawan kerajaan Roma melalui cara yang sangat unik, yaitu dengan mengikuti olahraga berdarah paling bergengsi di Roma, balapan kereta kuda. Selain itu, Judah juga harus mencari keluarganya yang telah lama hilang.

Judah bersumpah akan menuntut keadilan terhadap seorang perwira yang telah menghancurkan hidupnya. Ia bernama Messalla yang merupakan saudara Judah sendiri. Akan tetapi sejak bertemu Yesus, hidup Judah berubah total. Balas dendam yang ia cari, tapi berakhir pada penebusan.



9. Pompeii (2014)



Berlatar pada tahun 79 Masehi, POMPEII menceritakan kisah epik Milo (Kit Harington), seorang budak yang menjadi gladiator tak terkalahkan yang harus berpacu melawan waktu untuk menyelamatkan cinta sejatinya, Cassia (Emily Browning). Cassia adalah seorang putri cantik, anak dari pedagang kaya yang telah bertunangan dengan seorang Senator Romawi yang korup. Saat Gunung Vesuvius meletus dan mengeluarkan lahar yang menyala-nyala, Milo harus berjuang keluar dari arena untuk menyelamatkan kekasihnya saat Pompeii yang hebat hancur di sekelilingnya.




Baca juga rekomendasi film berikut ini :

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It !

0 komentar:

Post a Comment