15 Film Animasi 2D Terbaik Sepanjang Masa

Dari masa ke masa, banyak sekali film animasi 2D yang telah diproduksi. Tak jarang, film-film seperti itu menjadi legenda dan sangat berkesan buat masa kecil kita. Film animasi 2D selalu memiliki ciri khas yaitu cerita yang tak terlupakan dan selalu membuat kita terharu. Walaupun banyak di antara mereka adalah film yang jadul atau kuno yang tayang pada tahun 90an, namun film-film itu tetap dikenang oleh anak-anak kecil. Buat kamu yang sedang mencari film keluarga yang cocok untuk anak-anak, mungkin daftar film berikut ini bisa menjadi solusinya.




1. The Lion King (1994)



Seekor pangeran singa muda diusir oleh pamannya dan difitnah. Simba dituduh dan ditipu supaya dirinya menganggap bahwa Simba telah membunuh ayahnya sendiri. Karena penyesalan dan kesedihan yang mendalam, ia memutuskan untuk mengasingkan diri dan hidup sendiri. Sementara itu, paman Simba yang telah memfitnahnya menjadi raja dan memerintah dengan kejam.

Beberapa tahun telah berlalu, Simba telah bertumbuh besar dan hidup damai. Tapi ketika masa lalu Simba mulai menghantui dirinya, ia tak bisa tinggal diam. Simba harus menentukan takdirnya, apakah ia akan tetap menjadi orang buangan, atau mencari jati dirinya yang sebenarnya.





2. Spirited Away (2001)



Saat keluarga Chihiro memutuskan untuk pindah ke pinggiran kota, tak sengaja ayahnya belok ke jalan yang salah dan menemukan jalan buntu. Mereka memutuskan untuk turun dan pergi ke desa kecil yang tampak sepi. Tapi tak disangka, ternyata desa tersebut menyimpan misteri yang akan membawa Chihiro menuju petualangan yang takkan pernah ia lupakan.

Desa tersebut dipenuhi dengan dewa, penyihir, dan roh-roh yang berkeliaran dan hidup layaknya manusia. Sementara para manusia yang datang ke desa tersebut akan berubah menjadi binatang. Hanya Chihiro saja yang tak berubah menjadi binatang, dimulai petualangan Chihiro untuk keluar dan membebaskan diri dari tempat itu. Di tengah perjalanan, Chihiro juga bertemu dengan berbagai teman yang unik dan menjadi dekat dengan mereka.





3. Beauty and the Beast (1991)



Seorang pangeran muda yang egois telah dikutuk sehingga dia memiliki penampilan seperti binatang buas. Satu-satunya cara untuk mematahkan kutukan tersebut adalah dengan mencari seseorang yang mau mencintai dirinya secara tulus. Perjuangannya untuk mencari cinta sejati tidaklah mudah dan memakan waktu selama bertahun-tahun. Akhirnya setelah sekian lama, pangeran tersebut mendapat kesempatan saat dirinya bertemu dengan seorang gadis muda bernama Belle.

Keduanya mulai belajar untuk saling mencintai, sementara di tempat lain ada seorang pemburu tak bermoral yang punya rencana jahat untuk Belle.





4. Aladdin (1992)



Aladdin adalah seorang anak jalanan yang malang yang menghabiskan waktunya untuk mencuri makanan dari pasar di kota Agrabah. Petualangannya dimulai saat bertemu dengan seorang gadis muda yang kebetulan adalah Putri Jasmine, dia dipaksa untuk menikah dengan ayahnya yang aneh. Nasib Aladin tiba-tiba berubah saat ia menemukan sebuah lampu ajaib dari Gua Keajaiban. Yang tidak disadarinya adalah lampu tersebut berisi jin unik dan penuh cinta yang ingin bebas dari lampu tersebut. Namun, di tempat lain ada Sultan Jafar yang memiliki rencana jahat untuk Aladdin dan lampu ajaibnya.





5. The Simpsons Movie (2007)



Karena perbuatan Homer, Danau Springfield menjadi tercemar dan kota Springfield dirugikan. Saat danau tersebut diselidiki, penduduk menemukan penyebabnya yaitu sampah Homer yang dibuang ke danau. Seluruh penduduk Springfield kemudian mengejar Homer, yang terpaksa harus kabur bersama keluarganya.

Keluarga Simpson dapat kabur dan menetap di Alaska, namun setelah itu keluarga Simpson, kecuali Homer, memutuskan untuk kembali dan menyelamatkan Springfield. Marge dan anak-anaknya terpaksa meninggalkan Homer sendiri. Homer yang merasa sangat menyesal kemudian tersadar dan menyusul keluarganya ke Springfield. Melewati berbagai kesulitan dan rintangan, akhirnya Springfield dapat diselamatkan dan keluarga Simpson dapat bersatu kembali.





6. Princess Mononoke (1997)



Ashitaka adalah seorang ksatria muda yang melindungi desanya dari dewa babi hutan yang suka mengamuk. Suatu ketika Ashitaka mendapat kutukan mematikan, dan untuk menyelamatkan hidupnya, ia harus menempuh perjalanan jauh ke hutan barat. Sesampainya di sana, ia bertemu dengan para manusia yang sedang berperang di hutan.

Lady Eboshi dan klan miliknya menggunakan senjata mereka untuk melawan para dewa hutan dan seorang wanita pemberani bernama Princess Mononoke yang sejak kecil telah dirawat dan dibesarkan oleh dewa serigala. Ashitaka melihat bahwa kedua belah pihak memiliki kebaikan dan alasan tersendiri. Sehingga Ashitaka memutuskan untuk melerai mereka demi mencegah pertumpahan darah. Perjuangannya tidaklah mudah karena kedua belah pihak menganggap Ashitaka sebagai pendukung musuh.





7. Howl's Moving Castle (2004)



Sophie adalah seorang gadis berusia 18 tahun yang secara misterius dikutuk oleh seorang penyihir sehingga tubuhnya menjadi berbentuk seperti orangtua. Sophie berusaha keras untuk mematahkan kutukan tersebut dengan berpetualangan dan bertemu dengan sebuah istana yang bisa berjalan. Istana itu bisa bergerak dengan bantuan sihir seorang iblis bernama Karishifâ. Howl adalah pemilik dari istana tersebut, dirinya juga merupakan seorang penyihir muda yang tampan. Akhirnya petualangan Howl dan Sophie dimulai.





8. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)



Pada jaman dahulu, hiduplah seorang putri baik hati bersama ibu tirinya yang jahat. Ibu tirinya selalu iri dengan kecantikan Putri Salju, dan ketika Cermin Ajaib memuji Putri Salju sebagai yang paling cantik dan paling baik, sang ibu tiri tak bisa menahan amarahnya lagi. Akhirnya Putri Salju harus pergi dan berkelana ke hutan untuk kabur. Di sana ia bertemu dengan tujuh kurcaci yang ramah dan berteman dengan mereka. Tapi saat ibunya menipu Putri Salju dengan apel sihir, hanya ciuman cinta sejati yang bisa menyelamatkan sang Putri.





9. My Neighbor Totoro (1988)



Dua gadis muda bernama Satsuki dan adiknya perempuan yang bernama Mei, pindah ke sebuah rumah bersama ayah mereka untuk lebih dekat dengan ibu mereka yang sedang dirawat di rumah sakit. Satsuki dan Mei menyadari bahwa hutan yang ada di dekat situ berisi berbagai makhluk ajaib alias roh-roh hutan. Mereka disebut sebagai Totoro dan kedua kakak beradik ini pun mulai berteman dengan mereka. Dari situlah petualangan mereka dimulai.





10. Mulan (1998)



Bercerita tentang sebuah cerita rakyat Tiongkok kuno tentang seorang gadis Cina muda yang mengetahui bahwa ayahnya yang lemah dan lumpuh harus dipanggil oleh pihak militer untuk melawan orang-orang Hun yang menyerang. Mengetahui bahwa ayahnya tidak akan pernah bisa bertahan dalam kerasnya perang di negaranya, Mulan memutuskan untuk menyamarkan dirinya dan bergabung menggantikan ayahnya.

Mulan tidak tahu bahwa nenek moyangnya menyadari hal ini dan untuk mencegah Mulan, mereka menyuruh seekor naga kecil yang unik bernama Mushu untuk bergabung dengan Mulan supaya Mulan membatalkan rencananya. Naga itu setuju, tapi saat bertemu dengan Mulan, dia mengetahui bahwa Mulan tidak dapat dibujuk dan akhirnya memutuskan untuk membantu Mulan.





11. The Little Mermaid (1989)



Seorang putri duyung bernama Ariel terpesona dan selalu penasaran dengan kehidupan di daratan. Suatu hari, ia mencoba untuk muncul ke permukaan air yang sebenarnya dilarang oleh ayahnya yang bernama Triton.

Meskipun ayah Ariel sudah memperingatkan, tapi Ariel tetap nekat dan akhirnya dirinya jatuh cinta kepada seorang manusia yang merupakan seorang pangeran tampan. Ariel pun bertekad untuk mengejar sang pujaan hati demi menemukan cinta sejatinya. Akhirnya putri duyung ini mengadakan sebuah perjanjian berbahaya dengan penyihir laut bernama Ursula untuk menjadi manusia selama tiga hari. Tapi ketika rencana Ariel menjadi kacau balau, sang raja harus melakukan pengorbanan besar untuk putrinya.





12. Grave of the Fireflies (1988)



Bercerita tentang kisah Seita dan Satsuko, dua saudara dan saudari dari Jepang, yang hidup dalam masa-masa Perang Dunia II. Ketika sebuah bom di Amerika memisahkan kedua anak ini dari orang tua mereka, kedua saudara kandung ini harus saling mengandalkan satu sama lain dan berjuang untuk bertahan hidup. Film yang menunjukkan dampak dan konsekuensi sesungguhnya dari peperangan.





13. Tarzan (1999)



Dari kecil Tarzan dibesarkan oleh gorila bernama Kala. Dirinya bertumbuh menjadi anak manusia yang kuat dan mirip seperti kera. Setelah sekian lama hidup di hutan, hidup Tarzan tiba-tiba berubah saat ia bertemu dengan seorang wanita bernama Jane Porter yang sedang melakukan suatu ekspedisi. Keduanya mulai berkenalan dan menjadi dekat, bahkan mereka pun saling jatuh cinta. Namun setelah Tarzan menyadari bahwa dirinya adalah manusia, kini Tarzan harus menentukan siapa keluarganya yang sebenarnya.





14. Hercules (1997)



Hercules adalah anak dari dewa Yunani, Zeus yang diubah menjadi setengah dewa dan setengah manusia oleh dewa Hades yang jahat, Dewa Dunia Bawah, yang berencana untuk menggulingkan Zeus. Hercules akhirnya dibesarkan di Bumi dengan memiliki kekuatan yang dahsyat, namun suatu ketika dia bertemu dengan Zeus. Zeus berkata kepada Hercules, kalau dia ingin kembali ke Gunung Olympus, Hercules harus menjadi pahlawan sejati.

Hercules akhirnya menjadi pahlawan terkenal dengan bantuan temannya Pegasus dan pelatih pribadinya, Phil. Hercules bertempur melawan para monster, Hades dan para Titan, tapi pengorbanan dirinya untuk menyelamatkan kekasihnya yang membuatnya menjadi pahlawan sejati.





15. The Iron Giant (1999)



Ini adalah kisah seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun bernama Hogarth Hughes yang berteman dengan robot raksasa asing yang tidak berdosa yang berasal dari luar angkasa. Sementara itu, agen pemerintah AS yang ketakutan bernama Kent Mansley tiba di kota, ia bertekad untuk menghancurkan raksasa tersebut dengan segala cara. Sekarang semuanya bergantung kepada Hogarth untuk melindunginya dengan menjaganya di tempat barang rongsokan milik Dean McCoppin.




Baca juga rekomendasi film berikut ini :

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It !

0 komentar:

Post a Comment